Semacam Sinau Bab Pakaian

Di tengah kegiatan nyuci tadi pagi tiba-tiba terlintas di pikiran (mengalir begitu saja) “hunna libaasul-lakum wa antum libaasul-lahun” –  Al Baqarah : 187.  Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu (sekalian) adalah pakaian bagi mereka. Nggak tau kenapa ayat itu yang terlintas, kenapa bukan “wa tsiyaabaka fathahhir” kan maksud perintahnya jelas tuh “umbah-umbaho” 😀 😀 😀 …

Perbedaan yang ada di pikiran Ibu dan Anak

Jika saya balik ke Surabaya atau ke kota lain, Ibu sering menanyakan jam berapa sampainya ? Wajar bila seorang Ibu bertanya seperti itu. Suatu kali saya menjawab pertanyaan itu, Ibu pun memarahi saya karena menempuh perjalanan hanya 1 jam. Menurut Ibu kita sebagai Perempuan tidak boleh terlalu berani di jalanan, maksudnya tidak boleh kebut-kebutan, alon2…

New Year Touring : Air Terjun Madakaripura 

Menjelang penghujung tahun 2016 hidup terasa morat marit, stock opname yang menguras tenaga dan pikiran penyebabnya. Aku butuh piknik ! Aku ingin bertualang melepas jenuh karena pekerjaan. Aku mulai mencari pasukan untuk touring dan searching lokasi yang kira2 tidak terlalu jauh. Temanku ngajak mantai. Aaah aku enggak suka pantai, panasnya yang menyengat bikin kulitku kena…

Ketika Gelap Mendekap

Aku tidak ingat jam berapa aku tertidur, aku hanya ingat setelah orang2 mulai sholat Maghrib, aku masuk ke kamarku dan sepertinya setelah itu aku tertidur. Dingin tiba2 menyengat permukaan lenganku, rasanya aku bermimpi tapi aku tidak bisa mengingatnya, aku tersentak bangun dg bercucuran keringat dingin, sejenak aku jadi linglung dan tidak mengenali kamarku sendiri. “kenapa…

Dilema Naik Angkutan Umum

Kapan hari lihat postingan teman di FB kayaknya dia lagi naik Bus tapi bagian dalamnya kayak monorail, kursi deret horizontal sisi kanan-kiri trus di tengah atap Bus banyak gelantungannya. Teman kos juga cerita klu Bus Damri sekarang baru, ada gelantungannya dan deret kursinya juga berubah. Oalah mungkin Bus Damri yang arah ke dalam kota. Bus…

Near Death Experience

Sabtu, 09 April 2016…hari yang special dan lebih terasa special lagi karena bertepatan dengan 1 Rajab 1437 H. Aku pikir hampir setiap orang selalu antusias dengan Birthday-nya, banyak harapan untuk kehidupan yang lebih baik tentunya. Malam sebelumnya (08/04/2016) Ibu mengirim pesan, mengingatkanku untuk mulai Puasa Rajab besok. Besok ulang tahun tapi disuruh puasa ? ya…

Panggilan Terindah

Saya suka memperhatikan apa-apa di sekitar saya termasuk apa yang orang lain lakukan (bukannya saya sok kepo dan kurang kerjaan), kali ini saya ingin membahas hal yang mungkin tampak sepele…tapi kalau saya pikir-pikir ini sebenarnya penting lho. Mengingat bahwa kita sebagai wanita yang nantinya akan menjadi Ibu, dimana Ibu-lah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Saya ingin…

MUKENAKU

Akhir-akhir ini banyak banget teman yang mencoba bisnis olshop dan salah satu barang yang ditawarkan adalah mukena. Kalau dulu mukena warnanya hanya putih lalu berkembang jadi ada bordir benang warna warna, dan sekarang yang warna putih udah jarang, berganti warna warni mencolok seperti pelangi. Saat teman-teman menawari saya hanya tersenyum dan menolak dengan halus, bagus…

Kisah si Sakura, dongeng The Ugly Duck versi tanaman

“Lihat kebunku penuh dengan bunga….” Ah, rasanya aku iri dengan anak TK yang dengan riang menyanyikan lagu itu. Aku penggemar tanaman namun apa daya, aku tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat kebun bunga mini, ditambah jenis tanah yang tidak subur dan sumber air yang payau, mimpi punya kebun bunga mini yang cantik seperti jauh…

SHT part III : keraton dan balai kota Surabaya

Aku memutuskan tidak pulang minggu ini, lagi malas pulang ke rumah, sayang teman-temanku sudah punya acara sendiri, akhirnya aku memutuskan jalan-jalan sendirian saja. Aku sebenarnya masih bingung mau kemana tapi aku benar-benar sedang ingin menghabiskan waktu sendirian di luar, bukan di kos. Jam menunjukkan pukul 14.08, aku keluar dari kantor, aku pikir aku akan ke…

Romantic View di Pintu Air Kali Jagir

Hari mulai beranjak senja, jam hampir menunjukkan pukul 5. Aku masih enggan pulang ke kosan, rasanya ingin terus berjalan tapi entah kemana. Aku mampir sebentar ke Balai Pemuda untuk shalat ashar. Ketenangan aku dapatkan setelah shalat namun aku masih enggan pulang. Karena tidak ada acara di Balai Pemuda jadi aku memutuskan pulang saja (terpaksa). Saat…

Mother’s Day : Ikut-ikutan apa sayang beneran ?

Sebenarnya saya menulis ini pas 22 Desember, Cuma lupa baru keposting hari ini 😀 Entah bagaimana atau kenapa 22 Desember diperingati sebagai hari Ibu. Banyak status di social media mengungkapkan tentang sosok dan kasih sayang seorang Ibu, semua pada berlomba-lomba mengucapkan happy mother’s day. Mungkin ada yang menilai yang gitu itu sok ikut-ikutan, enggak sedikit…