#_The Butterfly Effect in My Life_#

Edward Norton Lorenz, yang menjadi Profesor di MIT tahun 1962 dalam bidang meteorologi ini menemukan butterfly effect atau apa yang menjadi landasan teori chaos pada tahun 1961 di tengah-tengah pekerjaan rutinnya sebagai peneliti meteorologi. Ia dilahirkan pada 23 Mei 1917 di USA; memiliki latar belakang pendidikan di bidang matematika dan meteorologi dari MIT. Dalam usahanya melakukan peramalan cuaca, dia menyelesaikan 12 persamaan diferensial non-linear dengan komputer (kuliah Fisika Matematika dan komputasi). Pada awalnya dia mencetak hasil perhitungannya di atas sehelai kertas dengan format enam angka di belakang koma (…,506127). Kemudian, untuk menghemat waktu dan kertas, ia memasukkan hanya tiga angka di belakang koma (…,506) dan cetakan berikutnya diulangi pada kertas sama yang sudah berisi hasil cetakan tadi. Sejam kemudian, ia dikagetkan dengan hasil yang sangat berbeda dengan yang diharapkan. Pada awalnya kedua kurva tersebut memang berimpitan, tetapi sedikit demi sedikit bergeser sampai membentuk corak yang lain sama sekali. Inilah yang disebut dengan butterfly effect , yaitu kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil (pengabaian angka sekecil 0.000127) menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. (id.wikipedia.com)
Fenomena ini, akhirnya melahirkan Teori Chaos, yang juga dikenal sebagai sistem yang ketergantungannya sangat peka terhadap kondisi awal. Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Jika suatu sistem dimulai dengan kondisi awal dua maka hasil akhir dari sistem yang sama akan jauh berbeda jika dimulai dengan 2,000001 di mana 0,000001 sangat kecil sekali dan wajar untuk diabaikan. Dengan kata lain: kesalahan yang sangat kecil akan menyebabkan bencana dikemudian hari.
Teori efek kupu-kupu (Butterfly’s Effect ) ini tidak hanya berlaku dalam dunia meteorology saja seperti dalam awal penemuannya, tetapi juga dalam seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia ini. Setiap perubahan kecil yang dilakukan akan mengakibatkan sebuah perubahan besar lainnya dalam selang waktu tertentu. Artinya, setiap hal, kejadian, perubahan, dan bentuk tindakan sekecil apapun yang tejadi dalam kehidupan sekarang akan berpengaruh besar pada kehidupan yang akan datang, dan itu berlaku untuk seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia ini.
Kita yang sekarang ini dan memiliki kehidupan masing-masing, adalah pantulan atau lompatan atas apa yang telah kita lakukan sebelumnya.
begitulah sekilas tentang teori efek kupu-kupu (Butterfly Effect).
anyway..semakin bertambah umur semakin sering gw merenungkan tentang hidup gw. banyak hal yang terjadi dalam hidup gw (semua org pasti jg ngerasa sama), sering gw berpikir napha semua bisa terjadi napha semua jadi gini? ternyata semua ada pangkalnya. semua ada permulaannya. sama halnya dengan efek domino, ketika kamu merobohkan 1 keping domino yang pertama maka dia akan jatuh menimpa kepingan domino lain truz sampai akhir. apa yang kita rasakan sekarang adalah dampak dari apa yang kita lakukan di waktu yang lalu. apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak pada kehidupan kita yang akan datang.
ibaratnya jalan, hidup memiliki banyak jalur. kita tinggal milih mo lewat jalan tol yg lancar tanpa hampatan, ato mo lewat jalan tikus yg sempit, kotor, kadang becek, ato lewat jalan raya biasa yang berada di tengah hingar bingar gemerlap kota,dll.
hidup ini pada dasarnya udah keras, tinggal gimana kitanya aja pinter2 nentuin pilihan sehingga kita bisa ngejalaninnya dengan mudan n lancar ato malah jadi tertekan n frustasi.
gw mo ngasih contoh real dari Butterfly Effect ini di kehidupan gw (mungkin ada yg punya kesamaan cerita) :
semua orang pasti pernah jatuh cinta kan?? (so pasti..) andai dulu ortu gw gk masukin gw ke salah satu islamic boarding school di pesisir pantai utara jawa itu, mungkin semua ini gk bakalan terjadi. jadi inilah titik awalnya, kepingan domino pertama yang rubuh. domino pertama menimpa domino kedua. gw kenal ama s’orang senior cowok gw, gw kelas 2 SMP n dia saat tu kelas 2 MA. n u know?? i think i fallin love with him, n gw gk tau apa yg bikin gw jatuh cinta. nah wktu terus berlanjut, ada suatu masa gw harus buat pilihan, akhirnya gw mutusin minta nomer hp_nya ama seseorang lewat seseorang. yes, I get it !!
suatu malam pas gw gak bisa tidur gw isenk2 maen hp, gw liat phonebook, dengan nyali besar n ati dag-dig-dug (takut gk direspon) gw mencet 1 nomer truz kirim zmz ke tu nmr. waiting a moment…Aha!! d’blz hehe dan akhirnya koneksipun dimulai (waktu d skul gw gk pernah ngobrol sama sekali, ni gw kirim zmz pas dia udah kuliah). meski sempat putus koneksi, but ternyata domino2 masih lanjut rubuhnya. dari sms n telp2 lanjut ke pesan di yahoo massanger truz facebook ampe sekarang.
gw gk tau akhirnya bakal kayak gimana, yah..itulah uniknya hidup, banyak tikungan di setiap jalan n kita hanya bisa nebak-nebak kejutan apa yang ada di setiap tikungan.
but yang gw heran napha dia selalu bisa nemuin gw ?? kayak gini..gw ganti FB truz gk ng.add dia, tp dia akhirnya bisa nemuin FB gw yg baru..(lanjut lagi dech..)
yeah…banyak hal yang terjadi n yang bisa gw jadikan pelajaran sejak gw kenal ama dia…gimana hubungan gw n dia berlanjut tu masih teka-teki,.but yang penting gw harus lebih selektif dalam nentuin pilihan n lebih berhati-hati dalam bertindak..karena setiap pilihan tentu ada harga yang harus dibayar..

oh ya gw mo nambahin lagi..klo kamu2 liat film The Butterfly Effect pasti tau banget semboyan “Change one thing,change everything”…nah menurut gw “change one thing” yang meskipun hanya hal kecil bisa berdampak menjadi “Change everything”. seperti konsep kaizen yang melakukan perubahan dari hal-hal kecil, hal-hal yang bersifat mendetail, hal-hal yang biasanya kita anggap sepele, namun dari perubahan dari hal-hal itulah yang dilakukan secara kontinue akhirnya melahirkan sebuah perubahan besar yang hebat. “little drop makes ocean”… “pohon yg besar berawal dari sati biji yang kecil, perjalanan sejauh 1000 mil berawal dari 1 langkah kaki”….

Soerabaia, 26 Maret 2012

Tinggalkan Balasan

