PENIPUAN DI TERMINAL SAAT ARUS BALIK

on

ini pengalaman aku kemarin waktu balik ke surabaya. ea sekedar berbagi cerita dan menghimbau buat kamu-kamu untuk lebih hati-hati saat arus balik rame di terminal. seperti yang telah kita ketahui, zaman sekarang nyari pekerjaan repot sehingga memunculkan berbagai kejahatan terutama penipuan dg berbagai modus dan korbannya pun tak pandang bulu, siapa aja bisa kena. di terminal biasanya ada yang ngasih minum ato makanan apa gitu trus korbannya jd tdk sadarkan diri trus dipretelin dech, trus yang ngetrend banget (ampe di masjid kampus saya juga) ada orang ngaku abis kecopetan ato kehilangan smw barang2nya trus minta/mohon-mohon dg tampang melas, atao ada orang minta dianterin ke suatu tempat trus pas di lokasi tertentu mretelin barang2 korban, mending klu cuma diambil materinya, lha klu sekalian diperkosa,ato dijual,ato dibunuh kan ya serrem…
nah pengalaman saya kali ini juga masih seputar penipuan, modusnya “Ngaku mantan teman SMP dulu trus nawarin bantuan”. sore itu, 26 agustus 2012 saya balik ke surabaya, naik buz mini dari rumah turun di terminal Osowilangun, saya dari sekolah sih udah biasa kemana-mana ndirian jd gk kuatir apa-apa, tapi gak tau ea napha kug pas balik kali ni pengen banget dianterin tp berhubung adek saya gk nongol-nongol jadi ya berangkat sendiri, ih di buz mini berdiri ampe terminal, mana full pisanšŸ˜¦
hampir adzan maghrib saya nyampe wilangun, saya liad buz kota yang biasa saya naikin kug cuma tinggal 1 trus pintunya udah ditutup karena full (hadehh nasebb)…di dekat air mancur ada cwo’ manggil nama saya, aslinya c saya denger tapi pura2 cuek n jalan terus aja, eh dia masih manggil2 akhirnya saya noleh juga. “mau kemana?”dia tanya, “ke sby, kamu siapa?”tanya saya balik. “mosok gk ileng c? aq agus, konco SMP biyen.”jawabnya sambil senyum2 sok akrab. agus??SMP? mana gue inget?? “agus sopo c? agus lho akeh”kata saya.
dia: koncone dewe na lali, aq agus (sambil nyopot helm)
saya (masih heran n merhatiin dari atas ampe bawah)
saya: agus sopo c? embo aq lali, gk eroh (saya mau pergi)
dia: arek iki IQ-ne rendah, koncone dewe na lali
sialan gue dibilang IQ rendah, huh gk banyak orang gitu udah gue tamper pake sendal tuh mukanya.
dia: ayo bareng aq ae, aq ate ng Unesa (unesa maneeh), timbangane koen kedalon gk ono bis
saya: laha koen lapo ng kene?
dia: aq mari ngenter kakakQ ate ng jakarta
saya: jakarta? kug lewat kene? bukane cepet lewat bungurasih ? (saya curiga)
dia: tukune kan liwat loket enko ng bunder, de’e enko dijemput travel ng bunder
hehh??? tambah mumet ae wong iki, opo ancen aq sg gk paham masalah travel?? (kata saya dlm hati)
saya liat buz yg mau jalan, haduh yo’opo ki?? wez ate maghrib..
dia: ayo gpp bareng aku, tapi enko tak turunin di RS AL ae yo? soale aq ono halal bi halal ng kampus.

halal bi halal? emg unesa udh masuk? iain aja belom..
dia terus maksa ngajak
saya: gak wez,suwon kapan2 ae (sambil jalan meninggalkan dia)
dia malah ngikutin saya, ya ampuun ni orang nyebelin amat huhh!!

dia: ayo gpp bareng aku ae ng ketintang
saya: koen agus sopo c?
dia: konco SMP, ngerti heru…? ihwan?? bolone santi..?
heru ? ihwan ? santi ? lhaa ngaco ni orang masio aku agak2 lupa temen2 SMP tapi yg asing y saya tau…saya gak punya temen SMP nama2nya kyk gitu.
dia msih aja maksa dg sikap sok friendly…akhirnya saya nyerah meski dg perasaan curiga.Ā meski saya yakin gak kenal tapi wajah ni orang kyk familiar banget, kyk pernah liat tapi lupa dimana.

(saat boncengan di motor)
dia: lewat menganti ae yo? enko tembus spanjang cek cepet, lek liwat kunu enko tmbah suwe.
saya: hehh?? menganti?? lha kug mumet malahan? emoh aq liwat margomulyo kug.
waduh malah gk jelas wong iki, nti klu saya disasarin di menganti lak gk iso mbalik??akhirnya dia nurutin saya belok kanan arah margomulyo. pas di pertigaan kug malah lurus ke arah kalianak??
saya: lho lapo liwat kalianak? liwato margomulyo enko jebus tandes trus jebus kupang cepet. (sok merintah)
dia nurut lagi lewat margomulyo arah tandes. tas ransel saya ditaruh di depan, aslinya c saya gk mau tapi karena berat n pegel y terpaksa. tapi dia kug nyetir suka lepasin tangan satu, saya intip kug kyk ngutik2 ransel saya??
saya: jupuk opo ng unesa koen?
dia: akuntansi
saya: fakultas?
dia: ekonomi yo
unesa jurusan akuntansi kug potongane kyk mbambung ngene ?? (kata saya dlm hati, gk ngandell blass)
saya coba untuk tetap tenang meski curiga banget.
dia: biasae numpak bis opo?
saya: yo bus kota lho, he omahmu endi c?
dia: sidayu (agak pelan jawabnya)
saya: sidayu endi? kan akeh
dia: pasar iku lho
saya: apane kanjeng sepuh?
dia: yo kunu iku
lhaaa mari ngomong pasar saiki kanjeng sepuh iyo…gak jelas, saya coba mancing2 lagi.
saya: apane omahe fafa
dia: wetane
saya: sidokumpul?
dia: iyo iku, ngerti ngunu kug (jawab gk yakin)
saya: aku lho gk eroh (emang saya gk tau, sidokumpul td cuma ngarang aja, emg d sidayu ada sidokumpul??).
saya nengok ke belakang. katanya orang sidayu, kug plat S ??? hermannn aku
dia: yo’opo kabare arek2 ? gawe acara opo?
saya: embo gak eroh, buyar dewe2 (jawab asal aja)

sesampainya di bunderan tandes arah margomulyo, kan seharusnya belok kiri ya klu mw ke kupang, eh dia malah ngajak lurus, katanya lewat pasar aja nti bisa tembus. kaet mau kug tembas-tembus ae tapi gk dunung2.
di depan toko gedhe dia berhenti.
saya: lapo mandek ?
dia: aku tolong tukokno komik karo aqua po’o?
saya: komik opo?
dia: komik obat batuk iku lho (sambil nyodorin uang 5000)
saya: wes eroh, tp komik rasa opo mksde?
dia: sembarang
saya: piro?
dia: siji ae
saya: males ah, tukuo dewe yo
dia: ayo talah diluk ae
saya: na koen lapo? (siapa dia merintah2 gue?!?)
dia: aq isin lho
saya: tuku ngunu ae kug isin barang (gk ganteng ae kug tuku komik ae isin)
hihh nyebelin banget c tuh orang, saya ngambil ransel saya.
dia: lho lapo dijupuk? deleh kene ae timbang abot2
saya: aq ate tuku pisan (sambil nenteng ransel)

di toko saya gk digubris ama yg jualan, akhirnya dia nyamperin saya trus beli komik 2 tanpa aqua, lhaa jare mau komik 1 ama aqua?? gk konsisten.
pas mau jalan lagi, dia minum 1 komik.
dia: titip iki yo ng kene (tanpa nunggu persetujuan saya dia lngsung buka retsleting depan ransel saya,naruh komiknya di situ)
saya: na lapo koen deleh kunu iku? gowoen dewe lho! (mencureng)
dia: gk oleh t? ngunu ae rek, yo tak gowo dewe.
wong duwe saku kug nitap-nitip (dalam hati). saya mau bawa ransel saya di belakang tapi dia ngelarang, tambah nyebelin nih orang.
kita lanjut jalan lagi, di tengah jalan dia nanya nope saya, saya enggan ngasih tapi dia ngotot.
dia: HP-mu ng ndi c?
saya: ki ng saku
dai: ojo kebiasaan deleh kunu, kejepit eman LCD-ne pecah.
saya: masio gk pok kandani y wes eroh, lha wong LCD-ku wes gores (dalam hati)

HP dia bunyi, ada yang nelpon. pas saya tanya siapa katanya temennya di wilangun mau balik bareng ke sby. sesampainya di pom bensin sukomanunggal saya diturunin di pintu masuk.
saya: lho ate lapo ?
dia: ngisi bensin
saya turun dan ngambil ransel saya.
dia: lapo dijupuk? deleh kene ae
saya: gpp tak gowone ae

setelah nunggu sekitar 5 menitan dia gk nongol, saya pun kabur, untung masih ada bemo lewat. meski aslinya gemetar karena takut diikutin temen2 laen tuh penipu tapi saya coba untuk tetap tenang, nyampe andalas saya langsung naik bus kota. di dalam bus saya nangis tapi untung kug agak sepi jadi gk ada yang tau.

Alhamdulillah saya bisa kabur dan selamat sampai kos tanpa kurang auatu apapun. saya harap ini semua bisa jadi pelajaran untuk lebih hati-hati lagi. dan jangan pernah mudah percaya ama orang palagi ngaku2 kenal anda, ikuti kata hati anda, jika ada yang mencurigakan segera ambil tindakan.

sekian terima kasih……………………

2 Comments Add yours

  1. dheeiiand mengatakan:

    lucu mb critane ;D smoga ga keulang lagi ,, hhi*

    1. neiysha mengatakan:

      iya,,itu kayaknya klu gk org stress y paling penipu amatir

Tinggalkan Balasan

