Bintang Jalasena Anoraga

pertama kali baca nama itu di koran waktu masih sekolah dulu saya langsung jatuh hati, unik namanya. itu adalah nama salah seorang pemain basket berbakat sekolah PETRA Surabaya. saya lalu nyari tau apa sih artinya ? saya jadi kepikiran buat ngasih nama anak saya entar pake nama ntu *LOL*

saya search di Google ternyata “Bintang Jalasena” ntu adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota TNI Angkatan Laut Republik Indonesia di bidang militer yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

tapi di sini saya punya penafsiran sendiri. Bintang = marga untuk anak laki2 (denger dr tetangga kos2an), Jalasena = berasal dari bahasa Sanskerta, Jala = Air, Laut; Sena = penguasa -> ini buat ngingetin anak saya klu nenek moyang dia adalah seorang pelaut, kyk di lagu anak2 dulu “nenek moyangku seorang pelaut…” hehe

nah sedangkan “Anoraga” itu motong dari “Bhirawa Anoraga” yakni semboyan dari KODAM V/BRAWIJAYA yang artinya gagah perkasa tapi rendah hati. Anoraga = rendah hati.

jika disambungkan dengan yang awal jadi akan mempunyai maksud sebagai berikut (menurut saya):
anak laki-laki itu (nenek moyangnya pelaut yang gemar mengarungi samudera), dia memiliki kemampuan, kebijaksanaa, jasa2 yang luar biasa melebihi kewajibannya, tapi dia tetap rendah hati, tidak menjadi angkuh apalagi semena-mena karena predikat ataupun apa saja yang dimilikinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s