mitos tentang makan

kalian tentu pernah kan dimarahin gara-gara enggak menghabiskan makanan yang dimakan ? biasanya ibu yang suka ngomel-ngomel. ya emang bener sih klu makan ya harus dihabisin, klu gak kuat habisin ya jangan makan banyak-banyak. kan Rasulullah nganjurin makan pas lapar dan berhentilah sebelum kenyang.🙂
pagi ini saya buru-buru ke kampus mau daftar wisuda, teman saya ngajakin sarapan dulu, aslinya saya setengah niat aja cz kepikiran masalah pendaftaran yang ada sedikit trouble, saya pengen cepet2 nyampe kampus trus nyelesein semuanya.
teman-teman saya udah selesai makan tapi makanan di depan saya masih banyak, saya udah gak selera makan, saya pun berhenti eh malah dimarahin ama temen saya.
temen saya :
“he ayo diabisin, kualat kamu gak ngabisin makanan.”
saya :
“udah ah, gak mood”
temen saya :
“heh ngerti gak kamu, Raja Blambangan dulu kalah perang gara2 dia ninggalin makanannya.”
saya :
“halah mbujuk’an”
temen saya :
“lho dibilangin gak percaya, beneran itu, gak percoyo wong biyen ta? pamali. ntar urusan pendaftran wisudamu gak lancar lho.”
saya :
“hiyyy kug ngunu c ngancemnya.?”
karena ditakut-takutin gitu ya saya jadi nurut, saya abisin sarapan saya meski harus maksa, dan akhirnya habis juga hehmmm
emang teman saya tuh ada2 aja masa’ alasannya Raja Blambangan kalah perang gara2 gak ngabisin makanannya,??? biasanya klu orang2 tua tuh bilang klu maemnya gak diabisin ntar ayamnya mati, bebeknya mati, kucingnya mati…nakut-nakutin anak kecil biar makanannya diabisin. ato klu gak gitu ya katanya klu nasinya gak dihabisin ntar nasinya nangis, lhaa emang sejak kapan tuh nasi bisa nangis ???
seharusnya kan dinasehatin yang baek-baek kyk dibilangin kalau masih banyak sodara-sodara kita di luar sana yang gak bisa makan, atau bilangin beras mahal klu makanannya gk diabisin besok gak usah makan…hahaha sadiss.
jadi mending makan secukupnya aja, ngikutin sunnah Nabi “makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang”, makan biar sedikit yg penting rutin dan konsisten serta mencukupi kadar gizi.
oK, guy’z! selamat makan…n jangan pernah ngajarin mitos2 GJ dan tdk bisa dipertanggungjawabkan untuk nakut2in bocah yang gak mau makan. ^^

Tinggalkan Balasan

