Sholat Dhuha

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga. Dan tidaklah satu hari dan tidak juga satu malam, melainkan Allah memiliki karunia yang danugerahkan kepada hamba-hamba-Nya sebagai sedekah. Dan tidaklah Allah memberikan karunia kepada seseorang yang lebih baik daripada mengilhaminya untuk selalu ingat kepada-Nya” (Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani).

Shalat dhuha atau awwab adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah raka’at shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 raka’at. Dan dilakukan dalam satuan 2 raka’at sekali salam.

adapun do’a sholat dhuha adalah sebagai berikut :

ngomong2 tentang sholat dhuha, dari bangku sekolah dasar saya sudah dibiasakan untuk melaksanakan sholat dhuha, cuma dulu karena masih kecil dan takut ama pak kepala sekolah yang suka jewer telinga kalau ketahuan gak sholat dhuha, ya saya patuh2 aja, kadang juga absen gak sholat dhuha. lama-lama teori behavioristik dengan model stimulus-respon ini berhasil juga, saya jadi rajin sholat dhuha, di rumah ibu saya juga sering tanya udah sholat dhuha apa belum ? kalau ngeliat saya nyantai2 nonon tv trus ketahuan belum sholat dhuha ya diomelin trus disuruh sholat dhuha.

kalau ditanya apa sih manfaat sebenarnya dari sholat dhuha ? saya sebenarnya kurang begitu faham, tapi di sini saya coba tanamkan pada diri saya kalau saya benar-benar butuh ama Allah, dan tentu saya seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an “..minta tolonglah kamu dengan sabar dan sholat..”. aku sholat dhuha ya ntu sarana untuk memohon pada Allah agar dilancarkan semua urusanku (karena hanya Allah yang berkuasa dan berkehendak) dan semoga rizkinya lancar juga (kalau gak lancar ntar gak bisa berbagi, ntar jadi fakir dan fakir ntu dekat dengan kufur, amit2 deh..naudzubillah)….

Alhamdulillah dengan membiasakan sholat dhuha memberikan efek yang positif dalam diri saya (bukannya mau pamer sok rajin ibadah tapi cuma pengen share ajaa), nah saya juga pernah denger katanya waktu dhuha nu adalah salah satu waktu do’a2 yang diijabah…kalau dipikir-pikir mungkin masuk akal juga yach…kan waktu dhuha ntu waktunya orang2 sibuk kerja, sibuk dengan urusan2 keduniaan,,nah kan agak berat tuh kalau kita disuruh menyempatkan waktu sebentar untuk mersua dengan Tuhan,,memohon dan bermunajah pada Dzat yang menciptakan alam semesta.

oh iya ada lagi tambahan tentang do’a sholat dhuha-nya…dulu kan saya punya gebetan (cieee…hahaha) kakak kelas..ceritanya waktu itu saya masih semester 1 trus mau UTS apa UAS gitu,,trus tuh kakak kelas saya ngajarin saya bw sholat dhuha dan do’a-nya ditambahin setelah do’a sholat dhuha ntu 2 ayat terakhir surah At-Taubah…katanya biar ujiannya lulus, namanya juga orang cinta ya omongannya apa aja ya saya dengerin, saya laksanaain ampe sekarang, dan Alhamdulillah hasilnya positif🙂

saya sih bukan tipe2 orang yang alim banget gitu, karena saya susah bangun malem buat tahajjud, dengan berbagai alasan mulai dari takut ketemu setan, keran kamar mandi gak nyala, ngantuk dll. makanya saya usahain ngelakuin apa yang saya sanggup…Alhamdulillah saya punya wktu dan kesempatan buat sholat dhuha🙂

oK, guy’z ! it’s true. . .u will when u believe🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s