NgeRujaaAkK

ayooo…siapa yang hobi rujakan ?….hehehe

ngerujak emang asyik banget apalagi klu rame-rame sambil ngobrol ngalor ngidul hehe (kebiasaan dech). dari kecil aku emang udah hobi ngerujak, ama temen-temen, ama nyokap,ama sodara. wez pokoknya ngerujak tuh seru banget dah….meski kadang kepedesan tapi malah bikin ketagihan. saking seringnya beli rujak klu di rumah nenek aku, ampe pas aku absen gak beli eh sipenjualnya nanyain ke kakekku “mana cucunya kok gak beli rujak?” hahahahaha

nah ngomong-ngomong soal rujak, kalau diperhatiin selama ini ada banyak banget macamnya, oh ya bentar, pembahan kita kali ini tentang rujak buah ya..bukan rujak lontong apalagi rujak cingur…

kalau aku perhatiin and rasain selama ini, perbedaan lingkungan mempengaruhi rasa rujak lho.  di kampus saya di surabaya biasanya tukang buah juga jual rujak tapi bumbunya gak niat banget, ya cuma kacang goreng tumbuk dicampur sambel cabe ama gula jawa cair, gula jawanya juga kualitas rendah jadi rasanya gimana gitu.

kalau bumbu rujak ntu kan terdiri dari : cabe, asem tua, petis, gula jawa.

di daerah Gresik biasanya make petis item yang terbuat dari kupang yang rasanya manis, meski kadang ada tambahan petis asin tapi beda rasanya ama petis dari daerah pantura lamongan dan sekitarnya. trus buah yang dipake juga standar dari mentimun,nanas,bengkoang,belimbing,kedondong,pepaya setengah tua.

lha di daerah pantura lamongan tempat nenek saya di sana tuh ada tambahan, petisnya jelas pake petis asin, bisa dari cumi-cumi atau ikan pindang, trus di sana kan banyak pohon siwalan jadi gulanya gula aren asli yang warnanya coklat muda dengan taste yang khas, trus ada juga tambahan bagi yang mau aja tuh pake irisan pisang kluthuk muda,jadi tuh pisang diiris tipis2 trus diulek jadi satu ama bumbunya,rasanya jadi ada gurih-gurih gimana gitu…asyik dech😀

trus buahnya selain buah standar seperti yang udah aku sebutin tadi, di sini ditambah terong yang kulitnya ijo muda itu lho,trus ada semangka dan jambu monyetnya, paket lengkap dech…hehehe

nah ntu dia review tentang rujak dari pengalaman aku, semua orang pasti punya selera sendiri, tapi apapun itu rujakan emang t.o.p.b.g.t dah..! gak cowok gak cewek semua suka. oK, selamat ngerujak🙂

Tinggalkan Balasan

