Bacaan dalam Sholat

on

kata pak ustadz klu kita sholat bacaannya pendek nggak pa-pa yang penting kita ngerti maknanya. percuma klu kita sholat terus bacaannya puanjang tapi gak ngerti maksudnya, contohnya kita sholat trus rakaat pertama baca Al-Baqarah ampe selesai,,iya klu kita ngerti n faham artinya semua, klu enggak ?…mending baca Al-Ikhlas meski pendek tapi kita ngerti makna yang terkandung di dalamnya, kan kadang tuh ya kita perlu mengerti sesuatu itu terlebih dahulu kemudia dari pengertian tersebut akan muncul tindakan lalu output yang diperoleh selanjutnya adalah pemahaman.

kayak sholat gitu kita kudu ngerti dulu tata caranya, bacaannya dan lain sebagainya. termasuk juga mengerti maksud dari apa yang dibaca saat sholat tersebut. setelah kita mengerti maka kita akan mendirikan sholat seperti konsep yang telah kita mengerti, nah setelah kita praktek akan muncul pemahaman baru dalam diri kita, contohnya gini kita tau sholat ntu harus tenang dan seolah-olah kita berhadapan langsung dengan Allah, lalu kita praktekin, saat kita berhasil mempraktekkannya maka kita akan mendapatkan sesuatu, yach semacam sensasi luar biasa setelah kita mendirikan sholat, akan muncul rasa haru dalam diri kita, sebuah kesadaran bahwa kita membutuhkan Allah, hanya kepada-Nya kita menyembah dan berserah diri, dengan ketenangan pula kita dapat meresapi tiap-tiap bacaan kita, dan lain sebagainya.

di dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa ash-sholatu tanha ‘anil fahsya’ wal munkar, klu kita benar-benar bisa meresapi sholat kita maka akan memberi dampak positif pada perilaku kita, melindungi kita dari berbuat jahat dan kemunkaran. makanya sholat itu perintahnya didirikan bukan dikerjakan, di sini maksudnya agar kita tidak hanya mengerjakannya biasa-biasa aja kayak nyuci,nyapu,ngepel,dll. tapi dikerjakan serta diresapi, direnungkan, dan difahami.

saya tau gak ada seorangpun di dunia ini yang bisa sholat khusyu’ seperti Rasulullah, tapi gak ada salahnya klu kita mau mencoba dan berusaha, perlahan gak pa-pa yang penting berkesinambungan🙂 semoga sholat kita diterima dan bisa melindungi kita ‘anil fahsya’ wal munkar. Aamiin….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s