Kisah Seorang Samurai

on

pada suatu masa di jepang ada seorang samurai yg sangat hebat. Dia telah mengalahkan hampir seluruh samurai yang ada pada zaman itu. dengan sombongnya ia berkata, “akulah samurai terhebat dan tak ada seorangpun yang bisa mengalahkanku”.

pada suatu ketika samurai itu bertemu dengan seorang lelaki tua, pak tua itu mengatakan padanya bawa ada seorang yang sangat sakti yang tinggal d atas gunung, dan pak tua itu juga bilang kalau orang tersebut memiliki senjata yang tak akan bisa dikalahkan oleh samurai itu. kemudian si samurai bergegas menemui orang hebat d atas gunung tersebut.

sesampainya d atas gunung si samurai pun bertemu dengan orang yang dicarinya, ia berkata “aku mendengar bahwa engkau memiliki senjata yang hebat yang tak bisa dikalahkan, tahukah engkau bahwa aku adalah samurai paling hebat dan aku akan mengalahkanm”. orang tersebut tersenyum kemudian berkata, “aku mempunyai sesuatu d dalam bangunan itu, jika kau bisa mengalahkannya, maka kau bisa mengalahkanku”. si samurai merasa tertantang dan dengan sombong masuk kedalam bangunan tersebut. namun betapa terkejutnya ia saat ia masuk ke bangunan tersebut ia tidak menemukan siapa-siapa atau apa-apa, tapi yang ia dapati hanyalah sebuah ruangan besar yang kosong dan dindingnya terbuat dari cermin semua. ia tidak mengerti maksudnya apa, akhirnya ia pun keluar dan menemui orang tadi.

si samurai bertanya, “apa maksud dari semua ini? di dalam tidak ada suatu apapun, kau mempermainkanku?” orang tersebut tetawa kemudian berkata, “saat kau memandang sekitarmu apa yang kau lihat?”.”semuanya cermin dan ada banyak bayanganku.”jawabnya. “sebelum kau mengalahkan aku, kalahkan dirimu sendiri. sebelum kau mengalahkan orang lain, kalahkan ego dan nafsumu terlebih dahulu.” kata orang teresbutkemudian pergi meninggalkan si samurai sendirian.

…..”kalahkan dirimu, kendalikan dirimu, sebelum kau mengalahkan dan mengendalikan orang lain…our big enemy is ourself…jadilah guru bagi diri sendiri sebelum menjadi guru bagi orang lain……….”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s