Ketika Semua Berubah

download (1)

Salah satu Dosenku dulu pernah bilang satu hal yang paling dinamis di dunia ini adalah perubahan. Seiring berjalannya waktu semuanya berubah, ya itu benar !

Akhir-akhir ini aku bertanya-tanya tentang suatau perubahan, perubahan pada manusia, hewan, dan alam. Musim berubah-ubah dengan ekstrem, sudah tidak seperti alur yang dulu lagi, dulu di bulan-bulan tertentu pasti musim hujan dan bulan-bulan selanjutnya pasti kemarau, sekarang hujan berkepanjangan ada juga yang panas berkepanjangan, hujan deras tapi tiba-tiba reda dan menjadi panas atau di bagian sini hujan di bagian dekat sebelahnya malan panas, enggak masuk akal menurutku.

Manusia dulu perilakunya masih dalam batas akal sehat, sekarang sepertinya sebagian besar orang sudah gila, berbagai tindak kejahatan di luar nalar terjadi dimana-mana. Dulu pola hidup manusia sederhana, sekarang luar biasa (entah luar biasa bagus atau luar biasa buruk).

Hewan seperti yang kita ketahui dalam buku Biologi sudah dikualifikasikan berdasar jenis makanannya, tapi  sekarang sepertinya sudah basi. kucing dalam teori klasik makannya kalau gak tikus ya ikan, sekarang udah beda, kucing-kucing di rumahku aku kasih makan ikan mau, roti mau, apem mau, nasi juga mau. Tikus dulu adalah hewan yang penakut menurutku, sekarang sudah jadi pemberani, manusia pun ditabraknya saat berlari-lari, dan sepertinya sekarang kebanyakan hewan lemah sudak tidak takut dengan kata “Hush!” .

Dari sebagian contoh perubahan yang terjadi di atas, aku bertanya pada diriku sendiri, sebenarnya siapa duluan yang mulai berubah, kalau ada ujung pasti ada pangkal. Aku berasumsi ketika satu aspek berubah maka yang lain mengikuti berubah, tapi siapa yang memulai duluan ? Alam kah ? Manusia kah ? Hewan kah ? Aku pikir mungkin Manusia yang berubah duluan, menimbulkan berbagai perubahan dengan perilakunya sehingga mempengaruhi alam lalu hewan mengikuti perubahan alam.

Hey, sepertinya aku harus buka-buka buku sekolahku tentang seleksi alam…..

evol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s